06 May 2015

migrasi wordpress multisite bikin pusing hari ini

huh, saya gak tau 2 hari ini saya beneran kerja apa di kerjain mesin. Sepertinya saya harus belajar lebih banyak lagi tentang arsitektur administrasi mesin server disini. Di awali saya harus melakukan migrasi salah satu site wordpress multisite yang ada disini.

awalnya saya pikir, saya sudah pernah migrasi wordpress, migrasi kaya gini mah bisalah. Tapi yang saya lupakan waktu itu saya migrasi server di sistem operasi yang sama dengan versi yang sama. Saat ini saya akan migrasi dari server freebsd ke server Oracle Linux 7. Mulai dari sini mainan muncul.

Saya lakukan instalasi nginx pada Oracle Linux 7. Hasilnya Oracle linux 7 belum mendukung nginx, tapi hal satu ini cukup mudah diatasi

#rpm -Uvh http://nginx.org/packages/centos/7/noarch/RPMS/nginx-release-centos-7-0.el7.ngx.noarch.rpm
#yum install nginx

setelah itu saya instal php php-fpm. php berhasil terinstall dengan versi php-5.4-16, sedangkan php-fpm tidak terinstal karna Oracle Linux tidak mendukung php-fpm. Disini mulai pusing mencari cara instalasi, sampai akhirnya dapet caranya seperti berikut :

#rpm -Uvh http://dl.fedoraproject.org/pub/epel/7/x86_64/e/epel-release-7-5.noarch.rpm
#yum --enablerepo=remi install php-fpm php-mysql
#rpm -Uvh http://rpms.famillecollet.com/enterprise/remi-release-7.rpm
#yum --enablerepo=remi install php-fpm php-mysql

Okeh Alhamdulillah nginx php php-fpm php-mysl telah terinstall. contoh diatas ini adalah troubleshoot ketika instalasi. untuk instalasi lengkapnya bisa mngunjungi halaman ini :

https://hanangpriambodo.wordpress.com/2015/04/22/install-nginx-mysql-php-di-centos-7/

https://hanangpriambodo.wordpress.com/2015/04/29/instalasi-wordpress-multisite-menggunakan-nginx-php-fpm-di-centos-6/

Setelah semua terinstall saya melakukan copy directory wordpress dengan rysnc. Untuk hal ini cukup mudah karena tinggal lakukan rsync kemudian tunggu.

Setelah itu saya dump mysql. Ketika dum mysql, ada masalah baru yaitu ada table yang corupt dan database tidak bisa di dump. Dapat solusi dari senior admin, saya lakukan rsync juga pada directory databasenya.

Selanjutnya kemudian saya sesuaikan setingan nginx, .htaccess, php-fpm, mysql dan wordpressnya itu sendiri. Alhasil website sudah bisa di akses. masuk kedalam admin bisa di lakukan membuka site subdomain pun bisa. Akan tetapi, beberapa link page tidak dapat di buka atau eror 404.

Contoh :

ada page dengan mana member, ketika di klik maka akan redirect seperti berikut :

http://webserv.com/member/

nah site ini nya jadi 404, yang seharusnya ada isinya.

Disini mulai saya agak pusing. karna ketika saya baca error log dan log/message. tidak ada tanda tanda error. Cari – cari masalah nya dengan sabar akhirnya dapat juga. Itu disebabkan karna di dalam config nginx saya belum tambahkan script berikut :

location / {
root /home/student/wordpress;
 index index.php index.html index.htm;
try_files $uri $uri/ /index.php?$args;
}

Kemudian saya tambahkan dan restart nginx, php-fpm. Oke web kembali berjalan lagi seperti biasa. lumayan 1 hari kerja migrasi web.

nah di hari kedua, saya kira urusan site ini sudah selesai ternyata ada masalah lagi. user multisite tidak dapat login. ketika login hanya tampil whitescreen. pada url http://webser.com/wp-login.php. oprek sana sini, mulai dari .htaccess kemudian config nginx,dan hak akses, semua percuma. Tetep aja pas login hasilnya whitescreen. ini lumayan lama ngopreknya dari jam sembilan sampai makan siang.

Karna udah pusing ngoprek di sisi server, saya dan teman saya pindah ke sisi admin site wordpressnya. saya coba buat user dan subsite baru, kemudian saya coba login dengan user yang saya buat, ternyata berhasil login. Tapi untuk user yang sudah terbuat tidak dapat login. Disini saya makin bingung dan penasaran. Saya coba cek user yang tidak bisa login ternyata user tersebut mengakses menggunakan LDAP sedangkan user admin adn user yang saya buat menggunakan LOCAL. Okeh masalah ketemu, langsung ke hokage-nya server untuk buka firewall agar ip baru ini bisa di mengakses server LDAPnya.

Okeh firewal udah di buka. Tapi ketika saya tes kembali, ternyata masih sama aja. Tingkat pun strees bertambah, mulai saya inget, saya belum solat dhuhur. saya hentikan kerjaan saya dan saya lakukan sholat dan berdoa meminta pertolongan kepada Tuhan yang maha kuasa, dan tiada tuhan yang berhak disembah melainkan Allah.

Setelah solat, saya diam sejenak sambil berfikir apa yang harus saya lakukan. Saya teringat ketika intalasi mysql, maka php butuh modul untuk koneksi ke mysql. Saat itu saya hanya berfikir apakah php pun butuh modul ldap?, saya cari di google, ya php butuh modul php-ldap. Tanpa berfikir lama saya install php-ldap

yum install php-ldap

ketika saya install keluar error berikut :

Resolving Dependencies
--> Running transaction check
---> Package php-ldap.x86_64 0:5.4.16-23.el7_0.3 will be installed
--> Processing Dependency: php-common(x86-64) = 5.4.16-23.el7_0.3 for package: php-ldap-5.4.16-23.el7_0.3.x86_64
--> Finished Dependency Resolution
Error: Package: php-ldap-5.4.16-23.el7_0.3.x86_64 (ol7_latest)
           Requires: php-common(x86-64) = 5.4.16-23.el7_0.3
           Installed: php-common-5.4.40-1.el7.remi.x86_64 (@remi)
               php-common(x86-64) = 5.4.40-1.el7.remi
           Available: php-common-5.4.16-21.el7.x86_64 (ol7_latest)
               php-common(x86-64) = 5.4.16-21.el7
           Available: php-common-5.4.16-23.el7_0.x86_64 (ol7_latest)
               php-common(x86-64) = 5.4.16-23.el7_0
           Available: php-common-5.4.16-23.el7_0.1.x86_64 (ol7_latest)
               php-common(x86-64) = 5.4.16-23.el7_0.1
           Available: php-common-5.4.16-23.el7_0.3.x86_64 (ol7_latest)
               php-common(x86-64) = 5.4.16-23.el7_0.3
 You could try using --skip-broken to work around the problem
 You could try running: rpm -Va --nofiles --nodigest

Okkeh disini saya mulai ingat awalnya saya install php hasilnya dengan versi 5.4.16, tapi php-fpm tidak bisa di install disini, maka saya lakukan instalasi php dengan cara diatas, yaitu menggukan repo fedora, maka instalasi menjadi agak berbeda yaitu :

yum --enablerepo=remi install php-ldap

instalasi selesai, kemudian saya restart nginx dan php-fpm. Selanjutnya saya coba login kembali, dan Alhamdulillah masalah berhasil terselsaikan. Jadi intinya error mesin hari ini hanya karna firewall mesin LDAP dan PHP-LDAP. 1 hari untuk mendapatkan masalah ini. hadeeeh. Dan yang paling penting yang mengetuk hati saya., tanpa sadar pekerjaan sudah membuat saya lupa terhadap kewajiban saya kepada Tuhan yang menciptakan saya dan seluruh alam. Tipu daya syaitan masuk melalui kesibukan saya. Semoga ini menjadi pelajaran buat saya.

Leave a Reply