19 Mar 2020

Install WSL 2 windows 10

WSL 2?.  Apa itu WSL 2?. WSL adalah singkatan dari windows subsystem linux yang berfungsi untuk membuat sebuah distro Linux dapat saling berinteraksi dengan windows. WSL 2 merupakan sebuah versi terbaru pada arsitektur WSL.

Kalau kita merujuk ke website dokumentasi microsoft, pada prinsipnya WSL 2 ini tetap menggunakan teknologi virtualisasi dimana kernel Linux berada pada sebuah virtual machine. Tapi jangan berfikiran buruk dulu,  mesin virtual yang menjalankan Linux ini bukan software vm yang seperti pada umumnya. WSL 2 mengklaim lebih ringan dan lebih cepat.

So, bagaimana sih cara installasi WSL? Ada beberapa persiapan dan beberapa tahapan. persiapannya diantaranya:

  1. Jaringan internet
  2. Power Shell (run as administrator)
  3. microsoft store

Buka PowerShell kamu dengan mode Administartor kemudian melakukan pengatifan “Virtual Machine Platform” dengan cara jalankan 3 perintah di bawah ini pada PowerShell :

Enable-WindowsOptionalFeature -Online -FeatureName Microsoft-Windows-Subsystem-Linux

dism.exe /online /enable-feature /featurename:Microsoft-Windows-Subsystem-Linux /all /norestart

dism.exe /online /enable-feature /featurename:VirtualMachinePlatform /all /norestart

Setelah selesai melakukan 3 perintah diatas, reboot PC.

Langkah selanjutnya adalah instalasi distro linux menggunakan microsoft store. Pada aplikasi microsoft store pada bagian search yang berada di kanan atas isi ubuntu kemudian klik “Run Linux on Windows”

Setelah itu ada beberapa pilihan distro linux, seperti :

  • Ubuntu
  • OpenSuse
  • Kali Linux
  • Debian
  • Alpine WSL

Pilih distro linux yang ingin kamu install, Akan tampil halaman selajutnya dan klik button Get di bagian kanan atas. Setelah itu akan muncul button Install. Klik button tersebut dan tunggu sampai proses instalasi selesai. Berapa lama instalasi sesuai dengan kecepatan internet kamu.

Setelah install Distro linux selesai, pada Microsoft Store akan tampil button Launch. klik button tersebut, akan tampil aplikasi semacan terminal seperti gambar di bawah ini :

Input nama user yang kamu inginkan, nanti akan ada perintah untuk meng-input-kan password baru.  Pengisian password akan di lakukan 2 kali yaitu :

New password

Retype new password

Saat peng-input-an password, karakter ketikan memang tidak akan muncul pada layar terminal. Setelah selesai akan tampil seperti gambar di bawah ini :

Gambar diatas berarti distro linux sudah dapat di gunakan.

Untuk melihat apa saja distro linux yang sudah kita install dapat kita lakukan pada termintal PowerShell (Administartor)  menggunakan perintah :

wsl -l

Konfigurasi selanjutnya yang perlu di ketahui adalah untuk melakukan konfigurasi agar WSL versi 2 menjadi konfigurasi utama. Pastikan PowerShell berjalan pada mode Administrator.

wsl --set-default-version 2

Misalkan kamu punya 2 Distro linux pada WSL (co : kali, opensuse). kamu ingin distro kali-linux menjadi yang default. maka untuk mengubahnya kamu perlu menjalankan script di bawah ini pada PowerShell.

wls -s kali-linux

Artikel ini penulis buat menggunakan satu literatur yang akan di cantumkan pada akhir artikel ini. Semoga artikel ini bermanfaat untuk para pembaca.

— hanangpriambodo —

https://docs.microsoft.com/en-us/windows/wsl/about

One Comment

Leave a Reply