15 May 2016

Kesemeru yang ke tiga kali-nya

Tanggal 4 mei kemarin akhirnya gue bisa melepaskan rasa rindu lagi ke semeru setelah 3 tahun lamanya gue nggak kesana. Hampir – hampir gue gak jadi kesemeru karna gue galau, temen gue ada yang nikah juga di tanggal itu. Tapi karna gue udah janji duluan untuk kesemeru, ya udah dengan segala maaf gue gak bisa hadir di nikahan temen gue.

Gak cuma karena nikahan temen aja. gue hampir gak bisa naik lagi karna pendaftaran online. Tapi Alhamdulillah registrasi online bisa kita lakukan.

Tanggal 4 sore gue berangkat dari kantor. Lagi lagi ada aja keribetan sebelum berangkat. Kali ini server Oracle yang down karna kapasitasnya penuh. Sambil packing sambil benerin server itu rasanya wah banget. Packing ngasal yang penting bisa masuk dulu, Karna waktu mepet banget sama jadwal kereta.

Dari kantor saya, abid dan ika langsung berangkat menuju stasiun kiara condong. Allahmdulillah waktu masih memungkinkan. Masuk kereta kita jalan jam 16,50. Di kereta kita bertemu dengan kang hery dan kawan-kawannya. Ternyata kita dan mereka satu tujuan yaitu Mahameru. Al hasil kita putuskan untuk pendakian bersama.

Kita sampai ranu pane sekitar jam setengah 4. Spontan aja berbagi tugas, ada yang menjaga carrier dan abid, kang hery melakukan registrasi ulang. sambil menunggu yang registrasi, kita shock melihat parkiran motor yang berjejer penuh layaknya mall TSM. Gilakk � satu lapangan habis buat parkiran motor, belum lagi pendaki yang naik jeep. Dan benar adanya kita gak bisa naik hari itu juga karna jumlah pendaki yang naik pada hai itu sekitar 2000 orang. Dan kita di izinkan naik pada esok harinya.

karna pendakian dilakukan esok harinya kita buka tenda di sekitaran ranu regulo. Jam 9.20 Jumat pagi tanggal 6 kita melakukan perjalanan pendakian. jumlah kita menjadi 11 orang. kami sampai ranu kumbolo jam setengah dua siang. Sebelum sampai ranu kumbolo kita melewati bebera pos. Enaknya sekarang di pos I dan II ada yang berjualan semangka dan gorengan. Ini membantu banget bagi yang kehabisan tenaga. ya walaupun lucu aja ada yang jualan saat pendakian. Gaya survive nya jadi ilang aja gitu. Tapi berneran ini ngbantu stamina banget pas makan semangka dipos 1. jadi kepikiran list wajib pendakian nambah satu lagi, Semanka. lumayan nambah tenaga sampe ranu kumbolo.

sampai di ranu kumbolo kami hanya istirahat untuk makan siang. Kami nggak buka camp disana, karna kami coba targetkan untuk sampai dikalimati sekitar jam 8 malam dan langsung summit jam 12 malam. Ini menurut gue perjalanan pendakian gue yang gilakk. kita dipacu dengan tidur mungkin gak sampe 2 jam. kita melanjutkan perjalanan dari ranu kumbolo sekitar jam 4 sore, di awali dengan turunnya hujan. Predicted, kita sampai kalimati jam 8 malam dan selesai buka tenda, beres beres jam 9 malam. Kita semua langung tidur dan bangun jam 11 malam untuk makan malam.

Jam 12 malam kita mulai bergerak summit dari kalimati menuju puncak Mahameru. Gilakkk, baru mau naik dari shelter kalimati aja udah macet. Kita berjalan pelan – pelan kayak antrian sembako. hasilnya 3 jam lebih kita berjalan dari kalimati baru sampe dekat plawangan. Ini kita belum sampe plawangan, kita ada di bawah monumen.

Disaat itu teman udah banyak yang kelelahan karna perjalanan kita yang terlalu di paksakan dan istirahat yang kurang. Al hasil dari diskusi pada saat itu, kita putuskan untuk turun. dengan pertimbangan stamina dan sudah jam 3 pagi kita belum keluar dari batas vegetasi. Kalau di teruskan perkiraan kita sampai puncak bisa sekitar jam 10 karna macetnya jalur pendakian.

Sepakat kita bersebelas turun dengan beberapa teman mungkin menahan rasa kecewanya karna gagal muncak mahameru. Tapi menurut gue inilah naik gunung, selalu ada pengorbanan.. Entah itu tenaga, waktu, atau malah teman atau diri kita sendiri. Dan jangan sampai teman atau diri sendiri yang jadi korban. Kita semua turun ke kalimati dan sampai sekitar jam 5 subuh. Kita sholat dan langsung tidur. jam 8 pagi aku bangun tidur dan ada beberapa teman yang sudah bangun pergi ke sumbermani untuk bersih – bersih dan mengambil air.

Setelah bersih – bersih dan sarapan, kita menggambil beberapa gambar dengan view mahameru, sebagai kegagalan kita menuju puncak. di sela – sela berfoto ria, kita terbesit untuk mencoba naik lagi malamnnya. Kita diskusikan dengan teman yang lainnya, dan hasilnya 7 orang naik dan 4 orang harus pulang karna kerjaan. Terima kasih untuk 4 orang teman yang mengizinkan kami naik. dan berlapang dada kalian turun.

Kita mulai summit lagi jam 9 malam, Kini gue merasakan lagi bagaimana letihnya menggapai puncak mahameru. Keinginan yang kuat lagi bisa membawa gue ke puncak. Tenaga jelas sudah habis, semangat naik turun. Tapi karna keinginan untuk sholat subuh di puncak, tenaga dan semangat pelan pelan nambah walaupun habisnya banyak. Jam setengah 5 subuh akhirnya gue menapakan kaki gue lagi di puncak mahameru. Dengan hati yang berdetak kagum, dengan dingin yang menyengat akhirnya gue menyentuh pasir mahameru dengan telapak tangan gue untuk melakukan tayamum.

Segera gue melaksanakan sholat subuh dengan udara dingin yang menghempas tubuh.. kuatkan diri untuk berdiri dan mengahadap kiblat untuk melakukan kewajiban diatas dataran yang indah hasil karya ciptaan Allah. Al hasil di sujud gue yang terakhir gue gak bisa menahan air mata, karna perjalanan gue saat itu. Gue bisa berdiri kembali di karya-Nya yang tidak semua orang bisa berdiri disana. Gue bisa melaksanakan sholat subuh dengan beralaskan pasir ciptaan-Nya. Dan gue bisa menangis karna keagungan-Nya.

Beberapa foto yang gue ambil disana :

hanang1

Sunset di Puncak Semeru

hanang12

Sedih karna sempat gagal muncak

hanang11

hanang7

Suasana waktu pendaftaran

hanang6

Waktu perjalanan ke ranu pane