12 Nov 2016

Nostalgia dengan blog lawas

Hujan yang indah beberapa hari ini membuat saya lebih lama di kantor dari biasanya. Sambil menunggu cahaya bulan yang akan menerangkan malam ini, ke isengan mengetik nama lengkap di halaman  google.com terlintas di bulatnya kepala ini. Iseng mau ngikutin satu adegan di film wanted ketika diketikan namanya di google, adakah diri ini muncul di layar 22 inchi. Ternyata saat diketikan pada kolom search engine google.co.id dengan kata hanang, diri ini belum ada di halaman pertama, tapi saat di ketikan “hanang p” lumayanlah hanang priambodo sudah muncul di bagian option google.

hanang-google

 

hanang-google1

 

hanang-google2

 

Lumayan lah seenggaknya google mengenal saya, hehehe. iseng coba di klik kata “hanang priambodo” halaman pertamanya pun mengesaankan, blog dan sosial media berjejer rapih dengan kata hanang priambodo. paling nggak sampai halaman kedua nama hanang priambodo masih terindeks. lihat link demi link, selain link facebook, instagram, twitter, linkedin, dan blog ini, ada beberapa blog yang dulu pernah saya buat waktu zaman masih kuliah dulu.

hanangblog.wordpress.com

catatanhanang.blogspot.com

hanangnote.blogspot.com

hanangpriambodo.wordpress.com

Ternyata bikin kangen juga ngebuka blog – blog ini. mulai pertama kali menulis, gak tau apa yang mau di tulis diblog. Ikut – ikutan aja sama temen yang punya blog, fungsi blog pun dulu nggak tahu. hanangblog.wordpress.com, mungkin adalah blog pertama saya yang saya buat. blog yang di buat 5 tahun lalu ini, postingan pertamanya tanggal 2011 dengan foto kawan – kawan elektro 2009. seingat saya blog ini saya buat karna untuk dokumentasi saya dalam belajar dunia per-server-an ketika saya magang di kampus. Saya saat itu magang pada bagian IT di kampus. Masih teringat wejangan pertama kali dari dosen, orang tua, dan motivator saya Bapak Lukmanul Hakim, ketika akan magang tapi IPK saat itu hanya 2.3. dan akhirnya keluar memperoleh IPK 3 juga. Masih teringat Kak Gigih seorang senior dan dosen saya, kak Rizki, dan Kak Bagus menugaskan saya untuk menginstall FreeBSD yang saya selesaikan dalam waktu satu bulan. Padahal normalnya install FreeBSD itu paling lama 3 Jam. Lima tahun yang lalu saat saya kuliah, sistem operasi yang saya tahu hanya sistem operasi windows. Itu-pun gak tau kalau windows itu adalah sistem operasi, yang saya tahu itu adalah software. Suka tersenyum sendiri kalo inget dulu install FreeBSD ini, gak ngerti apa – apa, denger kata FreeBSD aja baru saat itu, udah diminta instalasi aja. setiap nanya jawabanya cuma satu, di google banyak. ini damm shitt banget di kala itu. ada orang yang paham di dekat kita tapi disuruh nyari di google. ahhh, tapi ilmu itu yang saya pake sampe sekarang. Nah hasil instalasi ini saya tulis di blog hanangblog.wordpress.com ini.

Kayanya seinget saya, dulu saya lupa email, user dan password untuk masuk blog hanangblog, makanya postingannya cuma 2 dan berpindah ke catatanhanang.blogpsot.com. masih dalam tujuan yang sama blog ini masih ditugaskan untuk dokumentasi kegiatan belajar saya dalam dunia per-serveran-an. Blog ini pun gak lama, hanya beratahan satu bulan saya sanggup menulis, itu pun hanya 5 tulisan. satu tahun kemudian saya di cekokin pemograman java sama kak bagus. Akhirnya sempat suka dengan Java dan membuat satu tulisan di hanangnote.blogspot.com.

Tahun 2012, saya mulai di beri kepercayaan untuk mengelola beberapa server, membuat saya membuat site hanangpriambodo.wordpress.com dan menarik semua tulisan dari blog sebelumnya ke blog ini. dengan beberapa server yang saya kelola dan persiapan tugas akhir membuat saya rajin mengisi blog ini. Bisa di bilang blog ini adalah blog yang paling banyak tulisannya. isinya pun sudah mulai beragam di blog ini, tidak hanya menyoal oprekan server,  tapi juga kehidupan sehari hari dan hobi naik gunung saya. Tapi saat ini, isi dari blog tersebut sudah saya clone juga ke blog ini. Karna sudah saya putuskan blog ini lah yang akan saya rawat.

selain site blog diatas juga ada site yang membuat saya tersenyum, http://hanangpriambodo.unila.ac.id. Ini adalah site template buat skripsi saya, seharusnya di dalamnya ada grafik listrik, bandwidth, dan temperatur. sepertinya alatnya mati karna databasenya bengkak. Jadi pengen optimasi lagi apa yang di kerjakan buat skripsi dulu.

hanangpriambodo-unila-ac-id

masuk-unila-hanang

Selasa 18 Agustus 2009 ternyata hari yang cukup penting buat saya, karena saya berhasil masuk perguruan tinggi Universitas Lampung. Masih teringat dulu waktu pengumuman saya mengecek nama saya dari urutan paling bawah. Shock karna dari bawah sampai baris ke tengah nama saya tak kunjung terlihat. Di kepala hanya ada gagal lagi nih, Ayah bisa ceramah melebih khutbah jumat. Tapi tetap menatap sampai selesai, dan ternyata nama saya ada di puncak di classment. Ini malah buat saya makin tambah kaget. Puncak pertama, kok bisa gitu?? berapa emang nilai saya?. ahaha, tapi Alhamdulillah masuk ke jurusan Teknik Elektro. Sekolah yang pertama kali yang membuat saya belajar.

Sekarang 2016 blog inilah yang saya kelola, karena namanya sudah hanangpriambodo.com. blog yang lainnya saya biarkan begitu saja buat kenangan saya di masa tua mendatang. hehehe. Semoga walaupun sedikit tulisan saya, saya sudah berkontribusi di dalam dunia maya ini.

Leave a Reply