22 Mar 2022

Mds_stores Process Consuming High CPU on Mac

Beberapa minggu ini mulai merasakan macbook air M1 terasa hangat. Saat melihat activity monitor, ternyata ada dua penggunaan CPU yang lumayan besar. pertama Mds_stores yang bisa menggunakan cpu 100 sampai 200%. kedua onedrive yang bisa memakan CPU sebesar 90%.

Pada tulisan ini saya coba fokus untuk Mds_stores. ada beberapa artikel untuk melakukan restart pada macbooknya tetapi saat saya lakukan, ini tidak memiliki effect apapun. Bahkan saat start up mds_storage bisa mencapai 204% penggunaan cpu-nya.

sebelum membahas solusinya yang cukup simple. Biasanya saya kalau melakukan screenshoot, download atau safe file saya simpan di desktop. besaran file jika ditotal bisa mencapai 12G. kecurigaan saya mulai terasa pada file – file yang ada di desktop saya.

Menurut saya ini bisa jadi penyebabnya. lalu saya mencoba untuk memindahkan seluruh file yang ada di desktop kedalam satu folder yang saya buat di dalam folder dokumen. entah apakah ini benar penyebabnya tapi saat proses pemindahan selesai, mds_stores bisa turun penggunaan CPU nya sampai di 0.3%.

lumayan jadi tidak sehangat sebelumnya. tapi masih terasa. mungkin ini karena Onedrive yang stabil di atas 90%. Setelah tulisan ini mudah – mudahan saya bisa menemukan penyebab dari onedrive bisa menggunakan CPU cukup besar.

Jadi kesimpulannya, untuk mengatasi mds_stores yang menggunakan cpu cukup besar. kamu bisa memindahkan file-file yang ada di desktop kedalam direktori dokumen.

Leave a Reply