21 May 2022

cannot parse response (NSURLErrorDomain:-1017)

Beberapa hari ini dapet isu error website saat diakses di Safari. Kronologinya saat website di akses pada sistem operasi windows dan browser google chrome tidak ada masalah sama sekali. Tetapi saat website diakses pada sistem operasi Mac dan sebagian browser chrome serta keseluruhan browser safari, website tidak dapat di akses dengan error :

cannot parse response (NSURLErrorDomain:-1017)

Kejadian ini tidak hanya di perangkat mac OS, ini terjadi juga pada perangkat Iphone dengan browser safari.

Awalnya topologi server yang saya gunakan adalah server website terhubung dengan server reverse proxy. sehingga saat user mengakses website, akan mengarah ke server reverse proxy dahulu, kemudian dari server reverse proxy akan di arahkan ke server website sebenarnya.

Server reverse proxy menggunakan NGINX untuk softwarenya. dan pada server website, saya menggunakan apache untuk webserver, php7.4 untuk bahasa pemograman dan CI untuk framework aplikasinya. Untuk topoginya saya buat seperti gambar di bawah ini :

 

dengan topologi diatas isu tidak dapat diakses via browser safari muncul. Kemudian untuk solusinya saya mencoba pada server website, webserver saya ganti dengan webserver NGINX, dengan akhir topologi seperti gambar di bawah ini:

 

Setelah nginx running pada server website, halaman website dapat diakses menggunakan browser safari di mac. Alhamdulillah isu tersolusikan dengan skema tersebut. 

 

 

Terima Kasih

— H P —

 

Leave a Reply